Logo

Tentang Kami

UniqMag

Tentara Pelajar SA/CSA

BERGERAK TERUS MAJU

Keluarga Besar Eks Tentara Pelajar Pejuang Kemerdekaan SA/CSA

MASA PERJUANGAN

Sejak Proklamasi Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945 pihak Belanda terus berusaha untuk kembali menjajah Bumi Nusantara. Melihat kondisi tersebut , Pelajar Indonesia yang usianya masih sangat muda banyak yang terpanggil untuk turut serta berjuang mempertahankan kemerdekaan Negara Republik Indonesia. Para Pelajar ini secara umum dikenal dengan sebutan Tentara Pelajar dan kemudian oleh Pemerintah Republik Indonesia ditetapkan sebagai TNI Brigade 17 seperti Det I TRIP – Jawa Timur, Det II – Solo, Det III – Yogyakarta, Det IV – Siliwangi dan TGP (Tentara Genie Pelajar).Dalam perjuangan tersebut ada beberapa kelompok antara lain : Sturm Abteilung , Pasukan Garuda, Pasukan Alap Alap, Laskar Kere, Brigade X, Laskar Minyak dll dari mereka yang turut berjuang antara tahun 1945 – 1949 di Wilayah Surakarta, Wonogiri, Boyolali, Semarang dan sekitarnya, yang selanjutnya tergabung sebagai TNI Batalyon 55 Brigade V Divisi III dibawah komando Ign Slamet Riyadi dan diberi nama dengan CSA (Corps Suka Rela).
TETAP BERJUANG

Setelah berakhirnya Clash ke-2, para anggota Corps Suka Rela tersebut meneruskan kembali dalam menuntut ilmu di bangku sekolah. Walaupun tidak lagi ada pertempuran fisik, tetapi “Jiwa dan Semangat Juang” mereka tetap tumbuh dan melekat dalam kesehariannya. Rasa terimakasih mereka kepada rakyat yang membantu selama masa perjuangan diwujudkan dengan membangun beberapa sekolah yang sekarang dikenal dengan nama : SDN 1 Surahman Jatisrono – Wonogiri ; SMPN 2 Teras – Boyolali; SMPN 3 Mojosongo – Boyolali; SMAN 2 Boyolali, yang kesemuanya diserahkan secara ikhlas kepada Pemerintah Daerah setempat.
BERGERAK TERUS MAJU

Dalam perkembangannya kemudian , guna menjalin koordinasi yang baik antara anggota maka dibentuklah Yayasan KB SA/CSA pada 27 Juni 1987 sebagai tindak lanjut dari organisasi kemasyarakatan non politik yang mandiri dan bersifat kekeluargaan bernama Keluarga Besar Eks Tentara Pelajar Pejuang Kemerdekaan Sturm Abteilung- Corps Suka Rela (KB TPPK SA/CSA) yang melibatkan para Pelaku dan Generasi Penerus/ anak keturunannya yang dibentuk pada 19 Januari tahun 1986 dan bertujuan untuk :
Mempertahankan rasa nasionalisme dan melestarikan semangat patriotisme dan nilai nilai perjuangan 1945.
Ikut berperan secara aktif dalam mewujudkan cita-cita Proklamasi Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945, sebagaimana tercantum dalam pembukaan Undang Undang Dasar 1945.
Memantapkan persatuan dan kesatuan, mempererat persaudaraan, kekeluargaan dan kesetiakawanan khususnya antar Anggota Keluarga Besar SA/CSA dan organisasi organisasi mantan Pejuang Kemerdekaan Republik Indonesia pada umumnya.
“PATRIA TUNGGAL KARSA” PENERUSAN JIWA SEMANGAT & NILAI JUANG 45"
SA/CSA